Tips Wisata Kota Tua Jakarta Agar Liburan Menjadi Seru

tips wisata kota tua jakarta

Di Jakarta ada satu tempat wisata yang selalu banyak pengunjungnya. Tempat wisata itu adalah Kota Tua Jakarta. Daya tarik wisata Kota Tua Jakarta lebih mengedepankan unsur sejarah. Jika berniat pergi kesana, berikut tips wisata Kota Tua Jakarta, Indonesia.

Anda bisa menikmati keindahan beragam objek wisata dan bangunan yang bersejarah. Oleh sebab itu, tak heran namanya disebut sebagai Kota Tua. Bangunan yang tersisa dari Jakarta di masa lalu ini dijadikan sebagai situs warisan yang diresmikan sejak 1972.

Tips Wisata Kota Tua Jakarta

Untuk berlibur kesana, Anda harus menyiapkan diri dan jangan lupa untuk melakukan tips wisata Kota Tua Jakarta di bawah ini untuk membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

1. Abadikan Momen dengan Berfoto

Tidak afdol rasanya jika tidak berfoto ketika mengunjungi bangunan tua di wisata ini. Anda wajib untuk mengambil foto dan menikmati keindahan Kota Tua Jakarta dengan desain bangunan tua yang terkesan eksotis di mata.

Ada berbagai spot menarik yang bisa Anda abadikan dengan memfotonya.

Spot tersebut seperti Museum Fatahillah yang bersejarah. Bangunan ini memiliki ciri khas yang unik sehingga dapat membedakannya dengan bangunan lainnya. Jangan lupa untuk mengambil gambar menggunakan kamera atau ponsel yang Anda bawa.

Anda juga bisa masuk ke museum Kota Tua tersebut dan melihat berbagai alat-alat dan senjata di masa lalu.

2. Bawa Bekal

Kota Tua adalah tempat yang sangat luas. Biasanya, wisatawan akan menikmati pemandangan sambil berjalan kaki agar bisa puas menemukan berbagai sudut bagunan yang tampak indah.

Oleh sebab itu, ketika menyusuri perjalanannya, Anda perlu membawa bekal snack agar bisa menunda lapar ketika mengitari kawasan tersebut. Selanjutnya, wajib membawa bekal air minum agar tidak haus ketika berjalan kaki dengan jarak yang lumayan jauh.

Bawalah semua perlengkapan tersebut di satu tas kecil. Masukkan juga berbagai perlengkapan lain seperti Hp untuk memfoto berbagai objek bangunan, sampai dengan  power bank sebagai cadangan jika sewaktu-waktu baterai habis.

3. Naik Sepeda

Tips ini digunakan apabila Anda tidak terbiasa berjalan kaki karena wilayahnya yang memang luas. Jadi, cobalah mengitari kawasan Kota Tua dengan naik sepeda agar bisa menyusuri tempat wisata tersebut dengan cepat.

Selain itu, ini juga cocok untuk Anda yang ingin berolahraga membakar kalori. Dengan suasana kuno di sekitarnya akan membuat hati menjadi nyaman dan damai.

4. Cari Penginapan Yang Dekat

Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menemukan penginapan dekat Kota Tua Jakarta Utara jika tidak ingin melewatkan semua spot menarik disana. Ada banyak penginapan di sekitar Kota Tua yang bisa menjadi pilihan dengan harga mulai dari Rp 20 ribuan saja.

5. Coba Kulinernya

Jangan lewatkan untuk mencoba kuliner Kota Tua karena ada banyak kafe favorit dengan konsep yang unik. Salah satunya adalah Kafe Batavia. Kafe ini cukup populer karena bangunannya yang sudah lama yaitu sejak zaman kolonial Belanda.

Anda bisa mencoba berbagai kuliner kaki lima seperti gado-gado, ketoprak, bakso, nasi goreng yang harganya sangat terjangkau.

Penutup

Bagaimana? Sudah siap untuk liburan ke Kota Tua Jakarta? Jangan lupa ikuti tips wisata Kota Tua Jakarta di atas agar liburan Anda semakin seru. Wisata ini juga sangat cocok untuk keluarga, teman, atau membawa pasangan agar lebih menyenangkan.