Reptile Park Bali, Wisata Edukasi Reptil di Bali

Reptile Park Bali

Jika biasanya reptil lebih banyak kita lihat di film-film atau tayangan televisi, kali ini Anda bisa langsung menjumpai mereka di taman Reptile Park Bali yang berlokasi di kawasan Gianyar.

Wisata ini cocok dikunjungi semua kalangan, baik pasangan muda dan keluarga. 

Para pengunjung yang datang akan diberikan edukasi mengenai reptil-reptil yang ada di tempat ini, baik cara hidupnya maupun cara menanganinya ketika reptil seperti ular masuk ke rumah kita.

Lebih jelasnya, simak ulasan tentang Bali zoo di bawah ini. 

Daya Tarik Reptile Park Bali

Berada di lahan yang luas dengan nuansa hutan ala zaman dahulu, sekitar kurang lebih 200 satwa reptil ada di Bali reptile ini.

Mulai dari kura-kura, ular, beragam kadal, hingga buaya. Hewan-hewan tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. 

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi taman reptil Bali tersebut, ada banyak sekali daya tarik yang tidak akan membuat Anda rugi jika bermain di reptile Bali, beberapa di antaranya yaitu:

1. Tempat yang Sangat Nyaman

Berbeda dari kebanyakan kebun binatang atau taman satwa, Bali reptile dibangun menjadi sebuah tempat wisata yang sangat nyaman.

Tidak hanya ada kandang-kandang besi yang membosankan, namun juga pepohonan hijau yang menyegarkan mata. 

Meskipun berkunjung ke Reptile Park Bali saat siang hari, para pengunjung tidak akan merasa kepanasan karena tempat ini cukup teduh dan udaranya cukup segar.

Jalan setapak di dalam taman pun dibangun cukup nyaman dan rapi. 

Pengunjung bahkan dapat masuk ke beberapa kandang reptil karena memang dibuat dengan konsep terbuka dengan satwa yang dibiarkan hidup bebas tanpa dikurung. 

2. Koleksi Reptil yang Lengkap

Taman reptil yang masih satu lokasi dengan Bali Bird Park ini mempunyai koneksi satwa yang tidak kalah lengkap. Koleksi reptil hingga saat ini mencapai lebih dari 250 ekor dari 80 spesies. 

Sebagian termasuk hewan jinak, sebagian lagi masih bisa dikatakan liar dan tidak boleh didekati atau disentuh.

Beberapa jenis yang umum diantaranya adalah kura-kura, biawak pohon, komodo dan bunglon. 

3. Nuansa Hutan Bali

Adapun perbedaan yang mencolok antara reptile park dengan kebun binatang lainya adalah dari konsep yang dibuat. Taman reptil satu ini dibuat dengan hutan yang merupakan habitat asli hewan liar. 

Alam khas Bali juga disuguhkan untuk para wisatawan yang mengunjungi Reptile Park Bali di kawasan Gianyar.

Gapura besar dengan dikelilingi pepohonan hijau akan menyambut wisatawan yang datang berkunjung. 

Selain itu, pandangan mata pun tidak akan pernah bosan dengan warna hijau alami. Suasana hutan sudah didapatkan ketika Anda berada di gerbang pintu masuk. 

4. Wheelchair Friendly Access

Hal menarik berikutnya dari taman reptil Bali ini adalah kawasannya dibuat dengan konsep wheelchair friendly access.

Fasilitas ini tentu sangat membantu wisatawan yang mengenakan kursi roda untuk bisa mengakses semua area reptil di taman tersebut. 

Alamat dan Cara Menuju Lokasi Taman

Lokasi taman edukasi favorit keluarga ini terletak di Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Jika Anda masih bingung, di google maps sudah tertandai di mana lokasi yang Anda cari tersebut. 

Selain itu, tidak sulit menjangkau lokasi karena Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Taxi atau ojek online pun sudah banyak tersedia di Bali, jadi silahkan pilih transportasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Anda akan menempuh jarak kurang lebih 30 menit lamanya jika berada di pusat kota Denpasar.

Anda juga bisa langsung ke arah wisata Gianyar dan menggunakan rute ke arah Bird Park Bali karena tempat tersebut bersebelahan dengan Reptile Park Bali. 

Jika Anda berasal dari luar daerah, maka bisa melalui rute By Pass Ida Bagus untuk menuju lokasi reptile park.

Perjalanan dari Bandara Ngurah Rai akan menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam lamanya untuk sampai ke taman edukasi reptile. 

Harga Tiket Masuk Taman

Harga tiket Bali reptile memang tidak bisa dikatakan murah. Untuk harga normalnya sendiri masih sekitaran Rp 200.000 rupiah, namun tak jarang ada diskon sehingga harganya menjadi Rp 180.000 rupiah. 

Harga tersebut bisa berubah-ubah, jadi sebelum berkunjung sebaiknya cek langsung di website atau loket taman wisata ini.

Meski terkesan mahal, namun harga tersebut sudah termasuk semua fasilitas dan kegiatan yang ada di lokasi. 

Misalnya saja aktivitas memberi makan reptil, penjaga atau zoo guide, seluruh pertunjukan reptil, foro bersama dan lainya, semua sudah termasuk dalam biaya tiket masuk Reptile Park Bali

Taman edukasi reptile keluarga ini buka setiap hari dari pukul 09.00 WITA sampai dengan pukul 17.00 WITA.

Jika Anda datang pada musim liburan, maka kawasan ini akan lebih ramai oleh para pengunjung terutama pengunjung asing. 

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang sudah tersedia seperti kantin, tempat istirahat, area parkir kendaraan, kamar mandi, dan penginapan jika Anda datang dari luar Bali. 

Sangat disayangkan jika Anda berada di kota Gianyar Bali tapi tidak mengunjungi tempat wisata edukasi reptil yang mempunyai daya tarik tiada duanya tersebut. 

Nah, bagi Anda pecinta reptil atau ingin belajar tentang satwa reptile, maka Reptile Park Bali cocok menjadi salah satu pilihan destinasi wisata akhir pekan Anda dan keluarga.

Semoga ulasan di atas dapat menjadi referensi bagi Anda dan selamat berlibur.