Peluang Usaha Ternak Kambing yang Menguntungkan

Peluang usaha ternak kambing

PeluangUsaha ternak kambing tidak bisa disepelekan. Biasanya memelihara kambing hanya dijadikan usaha sampingan. Namun faktanya bisnis jual beli kambing ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan jika ditekuni dengan sungguh-sungguh. 

Bagaimana cara memulai usaha ternak kambing? Kali ini akan dibahas peluang usaha ternak kambing agar bisa berhasil dan mendapatkan keuntungan.

Cara Memulai Usaha Ternak Kambing

Berikut beberapa cara memulai bisnis ternak kambing yang perlu Anda lakukan:

1. Memilih Lokasi Kandang Kambingn

Langkah pertama untuk memulai usaha ternak kambing adalah memilih lokasi usaha. Ternak kambing dapat dilakukan di dataran tinggi maupun rendah. Namun, Anda perlu memastikan beberapa hal ketika akan memulai usaha ternak kambing;

  • Pilih lokasi yang kering (tidak tergenang air).
  • Tentukan tempat yang agak jauh dari pemukiman warga, karena bau kotoran kambing menyengat.
  • Pilih tempat yang cukup terkena cahaya matahari dan adanya pertukaran udara yang baik.

2. Pembuatan Kandang Kambing

Anda bisa memilih material yang murah dan mudah ditemukan serta awet sebagai bahan pembuatan kandang. Gunakan atap yang tidak menimbulkan panas berlebih. Sesuaikan luas kandang dengan kebutuhan. 

Sebaiknya pisahkan antara kambing betina dengan kambing pejantan. Ukuran yang pas untuk ternak kambing dewasa adalah 1 sampai 1,5 meter persegi.

3. Memilih Bibit Kambing yang Baik

Peluang usaha ternak kambing yang menguntungkan salah satunya dipengaruhi oleh faktor kulitas bibit kambing. Agar memiliki usaha ternak kambing yang baik tentunya Anda harus memilih bibit kambing berkualitas. 

Anda bisa memilih jenis kambing yang disesuaikan dengan tujuan usaha, baik untuk kambing pedaging atau penghasil susu. Tujuan usaha ternak kambing yang jelas akan memudahkan dalam memilih jenis kambing yang cocok usaha Anda. 

4. Cara Pemeliharaan Ternak 

Beberapa cara yang bisa dipilih dalam pemeliharaan ternak, yaitu dengan cara tradisional, semi modern atau Anda juga dapat memilih usaha ternak kambing modern. Anda bisa memilih salah satunya yang disesuaikan dengan kondisi usaha ternak kambing Anda. 

5. Pemilihan Pakan Ternak

Agar kambing tumbuh dengan sehat dan bisa dijual dengan harga tinggi, kambing juga membutuhkan pakan yang baik. Peternak kambing harus benar-benar memperhatikan pakan hijau yang diberikan. 

Hal tersebut dikarenakan kambing akan mengalami gangguan pertumbuhan jika pakan yang diberikan kurang. Satu ekor kambing membutuhkan sekitar 5-7 kg pakan dalam satu hari. Ada beberapa jenis pakan yang bisa diberikan kepada kambing dan tidak terlalu sulit diberikan. 

Pastinya Anda harus memperhatikan kualitasnya. Selain itu, Anda bisa menanam rumput sendiri untuk pakan ternak, misalnya rumput odot. 

6. Perawatan Kesehatan Kambing Ternak

Kesehatan ternak harus diperhatikan, karena penyakit yang menyerang kambing bisa membahayakan. Beberapa tindakan yang harus Anda lakukan untuk merawat kesehatan ternak antara lain:

  • Pilih kambing yang sehat dengan memperhatikan asal induk yang jelas dan tidak memiliki riwayat penyakit. 
  • Pelihara hewan ternak Anda sebaik mungkin.
  • Berikan makanan dan minuman secukupnya kepada hewan ternak, jangan kurang dan berlebih.
  • Berikan vitamin, antibiotik, dan vaksin secara berkala kepada hewan ternak agar tidak mudah terserang penyakit.

7. Menguasai Breeding 

Hal yang perlu dilakukan peternak agar ketersediaan anakan kambing bisa dilakukan sendiri adalah melalui breeding atau pengembangbiakan. Pengembangbiakan kambing tentu tidak mudah karena indukan kambing hanya bisa melahirkan dua kali dalam setahun. 

Tentunya proses breeding ini tidak mudah karena membutuhkan disiplin yang tinggi. Anda bisa memulai pengembangbiakan ini dengan mempersiapkan indukan yang terbaik. Pisahkan indukan tersebut dari kandang agar proses breeding dapat berlangsung dengan baik. 

Demikian cara ternak kambing dari nol. Peluang usaha ternak kambing yang menguntungkan ini bisa dicoba terutama bagi Anda yang tinggal di daerah pedesaan.