Peluang Bisnis Pertanian, Bisa Untung Banyak!

Peluang bisnis pertanian

Masih banyak masyarakat di Indonesia yang menganggap bahwa pekerja kantoran di perusahaan besar adalah satu-satunya profesi yang memiliki kesuksesan besar. Padahal, peluang bisnis pertanian sekarang ini sudah berkembang sangat pesat.

Bidang agroteknologi, agrikultur, hortikultur, dan semacamnya sudah mengalami perkembangan besar di perindustrian Indonesia, bahkan akhir-akhir ini banyak sekali contoh bisnis pertanian yang cukup praktis dengan menggunakan metode pertanian modern. 

Contoh Peluang Bisnis Pertanian dengan Modal Kecil

Di masa pandemi seperti sekarang, mendapatkan penghasilan cukup adalah hal yang perlu diperhatikan prosesnya. Salah satu kegiatan berbisnis yang praktis dengan untung maksimal adalah dengan memanfaatkan bisnis pertanian modal kecil.

Berikut adalah beberapa contoh usaha di bidang pertanian dengan inovasi baru yang wajib Anda ketahui :

1. Membudidayakan Tanaman

Pembudidayaan tanamanan adalah salah satu usaha yang paling diminati karena cukup mudah dalam mengelolanya. Anda bisa mulai dengan menentukan jenis tumbuhan apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat.

Anda bisa menjual bibit tanaman secara online ataupun offline. Sebagai seorang pemula, Anda dapat mencoba bercocok tanam buah dan sayur, seperti kangkung, tomat, cabe, wortel, bayam, dan sebagainya. Pilihlah jenis tanaman yang mudah untuk dikelola.

2. Jasa Sewa Alat Pertanian

Rekomendasi peluang bisnis pertanian yang paling populer lainnya adalah dengan menjual alat-alat pertanian. Selain menjadi seorang produsen bibit tanaman, Anda juga bisa membantu para petani ataupun pengelola bidang pertanian dalam melakukan usaha mereka.

Kamu bisa menyewakan alat-alat pertanian, seperti rotavator, cultivator, traktor, dan mesin penanam padi. Semua alat tersebut pastinya akan sangat dibutuhkan dalam mengelola lahan pertanian.

3. Jual Tanaman Hias

Membuka usaha tanaman hias bisa dibilang mampu meningkatkan cuan Anda selama pandemi. Manfaat usaha pertanian dengan menjual tanaman hias adalah memiliki peluang kesuksesan yang besar karena banyaknya permintaan dari konsumen.

Hal ini karena tanaman hias adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki peminat terbesar, terutama untuk kalangan perempuan. Anda bisa melakukannya dengan menjadi reseller tanaman hias.

4. Reseller Hasil Pertanian

Menjadi reseller adalah peluang bisnis pertanian yang cukup efektif dan praktis untuk menghasilkan cuan yang banyak dengan modal cukup. Bagi Anda yang memang tidak memiliki skill bertani, Anda bisa menjual kembali hasil pertanian.

Anda dapat melakukan penawaran kerja sama dengan para pengusaha atau petani untuk membawa produk mereka ke pasaran, marketplace, ataupun media sosial.

5. Vlogger

Menjadi vlogger tidak hanya bisa dilakukan oleh para influencer, tetapi juga dapat memanfaatkan skill bertani dengan menyalurkannya melalui vlog. Dengan begitu, Anda akan selalu up-to-date dengan perkembangan teknologi dan inovasi baru lainnya.

Contoh PeluangUsaha pertanian dengan memanfaatkan teknologi digital adalah dengan menjadi seorang konsultan secara online seperti melalui kanal YouTube atau platform digital sejenisnya. 

Langkah Awal Memulai Usaha Pertanian 

Sebagai pemula yang baru saja terjun di bidang pertanian, ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum melakukan sebuah bisnis :

1. Pelajari dan Kenali Bidang Pertanian yang Ada

Banyaknya bidang pertanian yang tersedia di Indonesia, membuat Anda harus mengenal dan mempelajari lebih jauh bidang-bidang pertanian yang sesuai. Pelajari risiko, keuntungan, hingga jenis tanaman yang memiliki peluang paling besar.

2. Persiapkan Modal

Meski banyak bisnis pertanian modal kecil seperti yang disebutkan di atas, bukan berarti Anda tidak perlu mempersiapkan modal yang cukup. Setidaknya, pikirkan estimasi modal, seperti uang dan lahan pertanian untuk mendukung langkah awal Anda dalam berbisnis.

3. Menganalisis Target Pasar

Salah satu faktor yang juga harus dipertimbangkan sebelum mulai membuka usaha pertanian adalah dengan memperhatikan target pasar, yaitu para konsumen. Tentukan produk apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

Sektor pertanian menjadi bidang yang semakin berkembang pesat di revolusi industri saat ini. Peluang bisnis pertanian bisa didapatkan dengan memanfaatkan skill Anda ataupun perkembangan teknologi digital untuk menciptakan bisnis dengan keuntungan maksimal.