Pantai Tembeling Nusa Penida Bali dan Harga Tiketnya

Pantai Tembeling Nusa Penida

Pantai Tembeling Nusa Penida adalah salah satu destinasi yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara. Hal tersebut karena pesona alam yang ditawarkannya begitu menarik. Bagi Anda yang penasaran dengan pantai ini, berikut ulasannya.

Banyak yang mengatakan bahwa pantai ini merupakan salah satu pantai tersembunyi yang berada di Nusa Penida Bali.

Pada Pantai Tembeling Nusa Penida beach and forest bukan pantai biasa, melainkan kekayaan alam yang begitu indah. Sebab, di pantai ini terdapat banyak Mutiara tersembunyi. 

Karena keindahannya tersebut, pantai tersebut kini menunjukkan perkembangannya, terutama di bidang pariwisata. Tak sedikit wisatawan yang mengincar pantai Tembeling Nusa Penida bali ini sebagai tujuan wisatanya.

Berikut akan dijelaskan pesona alam yang ditawarkan pantai tersembunyi itu. 

Pantai Tembeling Nusa Penida

Pantai ini biasa dibilang sebagai surga tersembunyi. Hamparan pantai yang disuguhkan tak seperti pantai pada umumnya. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri. Sebab, pantai ini dihiasi oleh batu-batu karang yang indah di sekitarnya.

Tak hanya itu, pantai ini juga dikelilingi oleh beragam pepohonan hijau yang asri. Sehingga, membuat pantai ini begitu menawan dan menawarkan pesona alam tersendiri. Tepatnya, pantai ini terletak di sebelah selatan Nusa Penida. 

Meski begitu, Anda juga harus tetap waspada jika bermain air di pantai ini. Sebab, pantai ini terhubung langsung dengan pantai selatan. Seperti yang telah banyak diketahui bahwa pantai selatan memiliki ombak air yang cukup besar.

Mencapai pantai Tembeling ini juga cukup unik. Pasalnya, Anda akan diajak untuk melintasi sebuah goa. Di mana ketika Anda keluar dari goa tersebut, Anda akan berasa menemukan sebuah surga yang tersembunyai. 

Menariknya lagi, warga setempat banyak membuat rock balancing. Keberadaan rock balancing ini akan membuat foto-foto Anda semakin menarik. 

Pesona dan Kecantikan Pantai Tembeling 

Keindahan semacam apa yang diberikan oleh pantai Tembeling Nusa Penida Bali Indonesia ini sehingga menarik rasa penasaran begitu banyak wisatawan?

Para wisatawan tak sabar menginjakkan kaki di pantai ini karena kecantikan alam psisir yang berdekatan dengan mata air. 

Bahkan, kehadiran pantai ini membuat banyak destinasi wisata bermunculan di sekitarnya. Di antaranya adalah pantai Tembeling Nusa Penida Air, yang menyuguhkan keindahan mata air Tembeling. 

Pantai Tembeling Nusa Penida Denpasar ini tidak seperti hamparan pantai kebanyakan. Pasalnya, pantai yang ada di Nusa Penida ini umumnya dikelilingi rangkaian karang atau barisan tebing yang terjal.

Bisa dibilang Pantai Tembeling Nusa Penida and forest, karena memang seperti dikelilingi pepohonan.

Salah satu hal yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya juga adalah karena keelokan antara tebing dan rimba yang membuat panoramanya lebih eksotik. Apalagi kebutuhan tempat yang Instagramable kini menjadi salah satu tempat yang banyak dicari.

Sejarah Pantai Tembeling

Pantai yang satu ini memiliki satu sejarah yang menarik. Banyak yang mengatakan pantai Tembeliing ini ditemukan oleh seorang ibu hamil.

Di mana ketika sang ibu hamil kehilangan ternaknya, ia mencarinya hingga masuk ke hutan dan mendapati air yang paling jernih di dalamnya. 

Penamaan Tembeling tersebut diklaim juga diambil dari kondisi ibu tersebut. Di mana wanita hamil dalam bahasa bali biasa disebut beling

Daya Tarik Pantai Tembeling

Pantai Tembeling Nusa Penida apakah aman? Anda tak perlu khawatir, meskipun tempatnya cukup jauh dan berada di tengah hutan, akan tetapi aman bagi para wisatawan yang mengunjunginya.

Bahkan, lokasi pantai ini sebenarnya juga mapu memberikan kenyamanan tersendiri. 

Pasalnya, lokasinya yang jauh dari keramaian, membuatnya lebih tenang dengan suara mata air. Hal itu menjadikannya memberikan nuansa yang sangat alami.

Jika Anda berniat untuk mencari ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan, maka pantai Tembeling ini bisa menjadi salah satu destinasi pilihan. 

Salah satu hal yang juga menarik dari destinasi ini adalah adanya kolam pemandian yang bisa memanjakan tubuh Anda dengan airnya yang sangat jernih. Hal ini menjadi magnet tersendiri bagi pada wisatawan. 

Kolam Air Tembeling

Kolam air yang ada di destinasi ini terdiri dari dua buah yang dikhususkan bagi laki-laki dan perempuan masing-masing. Konon, kolam untuk perempuan lebih dalam daripada kolam untuk laki-laki.

Meski begitu, Anda juga perlu berhati-hati, karena kola mini memiliki kedalaman sekitar 10 meter.

Ukuran tersebut bisa dibilang cukup dalam., oleh karena itu, para wisatawan harus tetap waspada. Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang tidak disarankan untuk berenang di kolam ini demi keselamatan. 

Di samping itu, kejernihan air dari mata air ini membuat air tersebut bisa langsung diminum tanpa dimasak. Masyarakat sekitar pun menganggap bahwa air Tembeling ini sacral atau disucikan. 

Ketika Anda berenang di kolan ini, Anda akan merasa seperti memiliki Jacuzzi pribadi. Pasalnya, sejak musim pandemi, sudah cukup jarang wisatawan yang datang ke tempat ini.

Berenang di tempat ini juga sangat asyik. Sebab, Anda akan renang di alam terbuka dengan udara yang sejuk.

Meski lokasinya jauh dari hiruk pikuk perkotaan, akan tetapi Anda tak perlu khawatir, di sekitar destinasi ini terdapat beberapa pura yang bisa digunakan untuk sembahyang. 

Harga Tiket Masuk

Kabar bahagianya, untuk bisa menikmati destinasi wisata ini, para wisatawan tak dikenakan tarif tetap seperti tiket masuk. Namun, para wisatawan diminta untuk memberikan donasi seikhlasnya pada pintu masuk setempat.

Akses Menuju Pantai Tembeling

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui, pantai Tembeling Nusa Penida daerah mana? Pantai Tembeling Nusa Penida alamat nya berada di 6FHW+PQG, Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Alamat pantai tersebut bisa Anda temukan di Google Maps. 

Perlu diketahui pula, akses menuju Tembeling ini juga cukup unik dan menawarkan sensasi alami yang menenangkan. Di mana Anda akan melewati hutan primer yang telah berusia ratusan tahun. Uniknya hutan ini belum terjamah oleh tangan-tangan manusia. 

Bahkan di sepanjang jalan menuju pantai tersebut, Anda akan melintasi sebuah jalan setapang dengan jurang yang cukup dalam pada sisi kanannya. Nah, salah satu lokasi pura tersebut berada pada ujung jalan ini, yakni Pura Mujaning. 

Konstruksi lokasi ini juga bisa menjadi salah satu spot yang indah untuk melihat keindahan Tembeling Nusa Penida. Setelahnya, Anda akan menemukan tangga kebawah yang akan mengantarkan Anda ke sebuah kolam alami yang cukup besar di tengah tebing indah. 

Nah, kini Anda sudah tidak perlu bingung lagi, Pantai Tembeling Nusa Penida Di mana, kan. Agar Anda tak perlu pusing lagi harus ke mana setelah sampai di Pelabuhan, berikut rute yang bisa Anda ikuti untuk sampai di destinasi yang satu ini.

Rute Go To Locatioan Pantai Tembeling

Ketika Anda datang dari Pelabuhan Banjar Nyuh, Anda bisa langsung mengambil jalur ke Crystal Bay. Selanjutnya Anda harus belok kiri menuju Pantai Kelingking. Jika Anda sudah sampai di pantai tersebut, Anda selanjutnya tinggal mengikuti jalan tersebut hingga bertemu dengan pura kecil.

Pura tersebut berada di tengah persimpangan. Jika Anda sudah menemukan pura tersebut, Anda harus belok ke kanan dan mengikiti jalan terus sampai menemukan tulisan Tembeling. Durasi yang Anda butuhkan dari Pelabuhan untuk sampai pada tempat ini sekitar 40 menit. 

Apabila Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa motor di sekitar Pelabuhan dengan biaya yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 60.000 per unitnya. Tidak susah, bukan, untuk sampai ke Pantai Tembeling?

Apa yang Perlu Dibawa Saat ke Pantai Tembeling?

Perlu Anda ketahui pula, tak seperti destinasi pantai-pantai yang ada, di Tembeling Beach ini tidak tersedia warung-warung lokal yang menyediakan kuliner beberapa makanan. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkannya dari rumah. 

Apalagi jika tujuan Anda ke Pantai Tembeling Nusa Penida camping. Maka, Anda harus membawa bekal sendiri. Selain itu, untuk menjaga kebersihan pantai ini, sebaiknya Anda membawa kantong plastik untuk menampung sampah Anda. 

Tak hanya itu, baju ganti merupakan hal wajib yang harus Anda bawa. Pasalnya, Anda pasti akan tertarik untuk mandi di kolam air Tembeling. Siapkan pula donasi terbak untuk diberikan ketika memasuki destinasi ini.

Objek Wisata Skitar Pantai Tembeling

Di sekitar destinasi wisata Tembeling ini, Anda akan menemui beberapa destinasi unik lainnya. Beberapa destinasi tersebut juga seringkali dikunjungi oleh para wisatawan yang berlibur ke Nusa Penida ini. Wisata-wisata tersebut adalah sebagai berikut.

1. Kelingking Beach

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pantai Kelingking ini akan dilewati ketika Anda menuju Tembeling. Pantai ini juga merupakan salah satu ikon dari Nusa Penida, loh. Sebab, pantai ini juga memiliki pemandangan tebing yang indah. 

Pemandangan di pantai ini menyerupai binatang purba, yakni leher dinosaurus dengan latar lautan lepas Samudera Hindia. Bahkan, ombaknya yang besar menjadi keindahan tersendiri. 

2. Paluang Cliff

Paluang Cliff ini merupakan destinasi wisata yang sangat unik. Di tempat ini, Anda bisa bersua foto menarik dengan sebuah perahu buatan yang diletakkan di atas tebing yang menghadap ke pantai Kelingking. 

Hal ini memberikan perspektif yang berbeda untuk melihat keindahan pantai Kelingking. Sebab, keberadaannya lebih tinggi, sehingga bisa melihat pantai Kelingking dari sisi yang lain. 

3. Crystal Bay

Salah satu tempat yang juga banyak dikunjungi di Nusa Penida ini adalah Crystal Bay. Tempat ini menyuguhkan disetinasi alam bawah laut. Di mana terdapat keindahan terumbu karang dengan ikan-ikan hias yang begitu indah yang berada di dalamnya. 

Nah, itulah uraian mengenai Pantai Tembeling Nusa Penida Bali yang bisa Anda ketahui. Bisa dipastikan, Anda yang berkunjung ke Tembeling ini tidak akan merasa menyesal dengan keindahannya