Pantai Ngobaran Yogyakarta (Lokasi, Rute, dan Harga Tiket)

Pantai Ngobaran Yogyakarta

Yogyakarta memiliki segudang tempat wisata yang menarik. Salah satunya yaitu di kawasan Gunung Kidul. Ada salah satu pantai yang disebut-sebut mirip dengan panorama Tanah Lot, Bali. Pantai tersebut adalah Pantai Ngobaran Yogyakarta, Indonesia.

Pantainya bersih dan di sekelilingnya tampak mempesona dan eksotis. Anda bisa menikmati pemandangan bangunan lama yang bersejarah. Dengan adanya pemandangan tersebut, melengkapi keindahan dari pantai. Simak lokasi, rute, daya tarik, dan harga tiket tempat ini.

Lokasi

Di mana letak Pantai Ngobaran? Lokasi Pantai Ngobaran Yogyakarta ada di kawasan Gunung Kidul, tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia.

Rute

Jalan menuju Pantai Ngobaran bisa melalui beberapa rute yang dekat. Rute paling gampang yaitu dari pusat kota. Waktu tempuh dari pusat kota ke Pantai Ngobaran ini hanya kurang lebih 40 menit jika berkendara dan tidak macet.

Dari pusat kota, pergi ke jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan terlebih dahulu. Kemudian, menuju ke Jl. Panembahan Senopati 9.

Sesampainya disana, Anda akan melihat adanya perempatan. Belok ke arah selatan menyusuri Jl. Brigjen Katamso. Lalu, lurus terus sampai bertemu perempatan lagi.

Setelahnya, ke arah timur untuk ke Jl. Kolonel Sugiyono. Jika ada pertigaan pergi ke Jl.Sisingamangaraja. Ikuti petunjuk jalan sampai ke Jl. Imogiri Siluk.

Ikuti terus sampai ke Panggang Wonosari jika ada pertigaan arahkan ke selatan dan terus sampai Anda tiba di Pantai Ngobaran. Untuk lebih detailnya, Anda bisa menggunakan Google Maps.

Daya Tarik

Ada beberapa daya tarik yang perlu Anda eksplor jika mengunjungi pantai Ngobaran Yogyakarta, yaitu sebagai berikut:

1. Unik dan Kental Budaya

Di sekitar pantai, Anda bisa melihat berbagai bangunan pura dan patung-patung. Ada pula sesajen bekas ritual kejawen. Anda bisa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto di dekat arca, bangunan bersejarah dan patung-patung yang estetik.

Itulah mengapa, banyak yang menyebut pantai ini seperti yang ada di Bali karena bernuansa budaya Indonesia yang kental.

2. Pemandangan Pantai yang Indah

Di bibir pantainya, Anda bisa merasakan pasir yang lembut sehingga cocok untuk healing dan bersantai sambil menikmati lautan pantai. Ada pula lumut dan alga yang menempel di tebing pantai yang menambah keindahan alamnya.

Datanglah di waktu sore hari agar bisa melihat sunset yang cantik, cocok untuk instagramable.

3. Wisata Edukasi

Karena banyaknya bangunan pura, Anda juga bisa menjadikan tempat ini sebagai wisata edukasi budaya. Ada banyak pura yang menyimpan banyak cerita bersejarah. Pura tersebut juga merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit.

Jadi, sejarah Pantai Ngobaran ini berawal dari sejarah Indonesia yakni kerajaan Majapahit dan kerajaan Demak. Saat terjadi pertarungan antara kedua kerajaan ini, Raja Prabu Brawijaya memutuskan untuk melarikan diri.

Kemudian, bertemu dengan pantai ini dan melaksanakan upacara pembakaran diri sendiri yang disebut dengan “Ngobaran”. Itulah asal usul nama Pantai Ngobaran.

Anda juga bisa melihat ritual warga di sekitar saat hari-hari tertentu. Contohnya adalah kejawen yang dilaksanakan setiap Selasa dan Jumat. Ada pula upacara Melasti yang diadakan ketika Hari Raya Nyepi.

Harga Tiket

Berapa tiket masuk Pantai Ngobaran? Berlibur tidak harus mahal. Di Pantai Ngobaran, Anda bisa menikmati keindahan alam yang indah hanya dengan membayar tiket masuk Rp 5.000 per orang. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Itulah informasi lengkap dari Pantai Ngobaran Yogyakarta. Jika ke Yogyakarta silahkan untuk mengunjungi pantai ini untuk melengkapi hari libur Anda.