Pantai Melasti, Primadona Wisata Baru Di Bali

Pantai Melasti

Anda pasti sudah paham jika di Bali banyak sekali terdapat destinasi wisata pantai menarik serta layak untuk dikunjungi. Salah satu wisata pantai di Bali yang saat ini sedang naik daun adalah Pantai Melasti di Ungasan Bali.

Pantai ini terkenal akan keindahan alam yang begitu eksotis yang pasti memanjakan mata para pengunjungnya. Beragam keunikan berbalut keindahan alam mampu membuat pantai ini dianggap sebagai saingan berat Pantai Pandawa.

Penasaran ingin tahu beragam hal menarik mengenai Pantai Melasti? Yuk silahkan simak dan ikuti artikel ini hingga tuntas. 

Lokasi Wisata 

Lokasi wisata Pantai melasti persis berada di Semenanjung Bukit, Ungasan, sehingga terkemal juga sebagai Pantai Melasti Ungasan. Alamat tepatnya primadona baru pantai di Bali ini adalah Desa Ungasan, kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung – Bali.

Terletak di daerah Bali Selatan, obyek wisata pantai ini dulunya sempat akan digadang-gadang untuk menjadi pusat wisata air sebagaimana Tanjung Benoa. Akan tetapi ternyata saat ini lokasi wisata baru ini menjelma menjadi wisata pantai dengan keunikan yang sangat memukau.

Sebagaimana banyak wisata pantai yang ada di Pulau Bali lainnya, obyek wisata Pantai Melasti buka selama 24 jam non-stop. Artinya para pengunjung akan dapat menikmati keindahan alam yang ada di balik bukit kapur ini kapan saja.

Apalagi saat ini telah tersedia banyak sekali penginapan di sekitar lokasi wisata, yang siap menampung kebutuhan istirahat para pengunjungnya. Jangna khawatir dengan harga tiket masuk ke lokasi, karena banderol HTM yang dikenakan sangat ramah di kantong.

Cara Menuju Lokasi Wisata

Pilihan moda transportasi terbaik untuk menuju lokasi Pantai Melasti hingga saat ini adalah kendaraan pribadi, baik berupa sepeda motor atau kendaraan roda empat. Sangat dimaklumi karena transpotasi umum di daerah Bali memang sangatlah minim.

Apalagi lokasi wisata pantai ini letaknya juga cukup jauh dengan berbagai obyek wisata lainnya. Itulah mengapa sangat disarankan bagi Anda yang akan berkunjung ke Melasti untuk memakai kendaraan pribadi saja.

Cara menuju lokasi Pantai Melasti dan jarak tempuh Pantai Melasti ada beberapa berdasarkan lokasi, yaitu:

1. Dari Pantai Kuta

Apabila Anda bertolak dari arah Pantai Kuta, maka jarak tempuh perjalanan yang harus dilalui adalah sekitar 19 kilometer. Jarak tempuh tersebut akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 25 menit berkendara. 

2. Dari Kota Denpasar

Waktu tempuh yang agak lebih lama harus Anda lalui apabila kunjungan ke obyek wisata ini dilakukan dari pusat Kota Denpasar. Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah kurang lebih selama satu jam, dengan jarak yang sama yaitu kurang lebih 19 km.

3. Melalui Jalan Goa Gong

Apabila Anda berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, salah satu rute yang dapat digunakan adalah melalui Jalan Goa Gong. Dengan bentang jarak tempuh sepanjang 18 kilometer, total waktu yang Anda butuhkan adalah sekitar 39 menit. 

4. Melalui Jalan Dharmawangsa

Alternatif rute lain yang dapat Anda jangkau dari Bandara Udara Internasional Ngurah Rai Bali ke lokasi wisata Melasti adalah melalui Jalan Dharmawangsa. Pilihan rute ini membuat jarak yang harus Anda tempuh lebih jauh yaitu sekitar 23 kilometer.

Akan tetapi meski begitu, waktu tempuh perjalanan Anda akan lebih singkat, yaitu hanya sekitar 43 menit.

5. Melalui Jimbaran

Alternatif rute lain yang bisa juga Anda gunakan adalah melalui Jimbaran. Waktu tempuh jika melalui rute ini sangat singkat sekali yaitu hanya 15 menit saja. 

Singkatnya waktu tempuh ini karena jalanan di rute ini telah tertata dengan sangat baik meski harus melalui jalur ekstrem, berupa jurang yang memiliki kedalaman kurang lebih 100-500 meter.

Alur lintasan melalui Jimbaran adalah sebagai berikut:

  • Ketika Anda telah berada di perempatan Jimbaran, maka arahkan kendaraan untuk ambil arah kanan.
  • Jalur ini akan mengarahkan Anda menuju kawasan Garuda Wishnu Kencana. 
  • Nah ketika telah melewati monumen Garuda Wishnu Kencana, maka ambillah jalur ke sebelah kiri agar menuju Jalan Pura Batu Pageh. 
  • Nah dari situ lanjutkan perjalanan ke arah ke Jalan Balai Banjar Kelod hingga Anda memasuki Jalan Melasti.
  • Setelah sampai di Bayan Tree Hotel & Resort, ambil ke arah kiri. 
  • Nantinya Anda akan dapat segera sampai di Pantai Melasti tak jauh dari dari persimpangan tersebut.
  • Namun disarankan untuk berkendara dengan hati-hati di sini karena akan ada jalanan turun berkelok tajam yang harus dilalui tepat sebelum mata Anda menatap langsung keindahan pantai.

Asal Usul Nama Pantai

Nama Melasti yang diabadikan menjadi nama pantai ini sebenarnya merupakan nama dari upacara pembersihan pantai. Upacara Melasti ini kerap dilakukan oleh masyarakat beragama Hindu yang tinggal di sekitar lokasi obyek wisata.

Upacara pembersihan pantai ini merupakan upacara adat rutin yang diselenggarakan tepat sebelum perayaan Hari raya Nyepi. Karena kegiatan adat Melasti diselenggarakan di pantai tersebut, maka lambat laun pantai ini pun disebut sebagai Pantai Melasti.

Sejarah Pantai Melasti

Siapa sangka dibalik pantai yang cantik, ada sejarah panjang Pantai Melasti. Penasaran bagaimana?

Jadi awalnya pantai indah yang berpasir putih ini merupakan pantai yang tersembunyi dibalik tingginya bukit kapur. Akses yang sangat sulit untuk dicapai membuat pantai cantik ini menjadi semacam hidden gem karena tak banyak wisatawan yang mampu untuk mengunjunginya.

Baru setelah dilakukan pembangunan akses jalan yang menuju ke pantai ini, maka Melasti menjadi primadona pantai baru di pulau Bali. Kondisi geografis pantai yang terhalang bukit kapur yang tinggi membuat proses pembangunan tidak mudah.

Namun pada akhirnya justru akses ke Pantai Melasti yang dibuat sedemikina rupa dengan membelah bukit itu juga menjadi lokasi wisata tersendiri bagi para pengunjungnya. 

Bagaimana tidak? Para wisatawan akan disuguhi akses yang cukup menantang adrenalin sepanjang perjalanan. Dengan menelusuri sisi bukit kapur Anda harus mengikuti jalanan berliku tajam dengan kontur naik turun. 

Namun jangan khawatir, pemandangan alam di sekitar yang terhampar tak akan membuat Anda merasa rugi untuk mengunjunginya.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Bagi Anda yang berniat untuk berkunjung ke Melasti tak perlu takut akan kehilangan cara untuk melakukan beragam aktivitas seru selain menikmati romantisme pantai. Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Melasti Bali.

1. Berenang 

Sebagaimana umumnya kegiatan saat ke pantai, aktivitas yang dapat Anda lakukan di Melasti adalah berenang. Hamparan pasirnya yang berwarna putih berpadu kontras dengan air laut yang biru jernih dijamin akan membuat Anda susah menolak ajakan alam untuk bercengkrama.

Anak-anak pun juga akan merasa nyaman bermain di pantai ini karena kebersihan pasir pantai yang memang selalu dijaga oleh pihak pengelola. Pengunjung di sini pun juga diperbolehkan untuk merasakan bermain air di bibir pantai.

Akan tetapi meski ada izin untuk berenang di pantai dari pihak pengelola wisata, namun Anda harus selalu tetap waspada. Akan lebih baik jika Anda mempersiapkan juga perlengkapan keselamatan pribadi serta selalu mengawasi aktivitas anak-anak, tanpa melepasnya sendirian. 

2. Snorkeling

Aktivitas seru di Pantai Melasti lainnya adalah menjajal adrenalin Anda dengan melakukan olahraga Snorkeling. Alam bawah laut Pantai Melasti terkenal sangat indah, sehingga akan sangat cocok jika Anda memilih aktivitas ini.

Untuk itu, usahakan untuk membawa sendiri alat snorkeling pribadi Anda dari rumah. Selain demi menjaga kebersihan serta kenyamanan pribadi, hal tersebut juga sebagai tindakan antisipasi membengkaknya budget akibat biaya sewa alan snorkeling yang lumayan mahal.

3. Berkuliner

Selain melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan air, kegiatan lain yang juga bisa dilakukan di Melasti adalah menikmati berbagai hidangan laut. Kebetulan ada banyak sekali tempat yang dapat Anda jadikan ajang wisata kuliner di Pantai Melasti.

Untuk menu yang disediakan sangat beragam sehingga Anda dapat leluasa memilih hidangan yang ingin dinikmati. Jangan risau dengan masalah harga karena semua hidangan ditawarkan dengan banderol yang terbilang cukup terjangkau.

4. Berfoto Ria

Memiliki alam yang sangat mempesona, area wisata ini akan menjadi surga bagi Anda yang selalu mengabadikan momen liburan untuk diunggah ke media sosial. 

Ada banyak sekali spot instagenik di Pantai Melasti yang tak akan gagal membuat foto Anda terlihat cantik dan keren. Mulai dari jalanan menuju pantai hingga pada lokasi pantai itu sendiri.

Makanya Anda juga tak perlu heran jika banyak pengunjung wisata yang sengaja datang karena ingin mencari lokasi foto yang bagus untuk mengisi konten sosial medianya.

5. Santai Menanti Sunset

Aktivitas di pantai bukan saja milik para wisatawan yang aktif saja. Jika Anda hanya menginginkan bersantai menikmati alam Melasti di pinggir pantai, maka hal itu juga dapat dilakukan. 

Duduk di berbagai gazebo yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola sambil menikmati pemandangan laut sungguh akan menjadi pengalaman yang berbeda.

Apalagi ketika senja tiba, pantulan cahaya jingga ke lautan luas mampu menghadirkan pemandangan alam yang keren. 

Fasilitas Yang Tersedia

Sebagai sebuah destinasi primadona baru di Pulau Bali, ada banyak fasilitas yang tersedia di Pantai Melasti. Fasilitas tersebut antara lain adalah:

  • Lahan parkir yang luas sehingga memudahkan para pengunjungnya saat akan memarkir kendaraan pribadinya.
  • Tempat ibadah (Mushola).
  • Ruang untuk ganti baju setelah puas bermain air.
  • Tempat bilas atau membasuh kaki.
  • Kamar mandi.
  • Berbagai warung serta restoran dengan berbagai menu khas hidangan laut.
  • Beach Club.
  • Berbagai gazebo yang tersebar di sekitar.
  • Beragam spot foto yang instagenik.
  • Wahana permainan air seru.
  • Tempat duduk.

Tips Berwisata Ke Pantai 

Jika ingin acara liburan bersama keluarga di Pantai Melasti tetap aman, nyaman serta seru, maka pastikan beberapa tips berikut Anda lakukan. Tips wisata ke Pantai Melasti antara lain adalah:

  • Usahakan untuk datang lebih pagi sehingga pantai tidak penuh oleh pengunjung yang datang. Suasana pantai yang masih sepi akan membuat Anda dapat menikmati suasana romantisme pantai.
  • Bawa baju ganti ekstra sebagai cadangan jika sewaktu-waktu Anda ingin tiba-tiba bermain air, atau tanpa sengaja terkena ombak pantai saat asik bermain.
  • Sinar matahari di pantai sangat terik, apalagi ketika sudah beranjak siang. Guna menjaga kesehatan rambut dan mata maka tak ada salahnya jika Anda memakai topi lebar serta sunglasess.
  • Oleskan tabir surya ke seluruh anggota tubuh yang terbuka dan yang berpotensi terkena sinar mentari. Selain mencegah kulit Anda menjadi belang, tabir surya juga menjaga resiko dari kulit terbakar sinar matahari.
  • Jagalah kebersihan serta keasrian lokasi wisata dengan mendisiplinkan diri Anda agar tidak membuang sampah secara sembarangan. 

Fakta Dan Nilai Plus Pantai Di Melasti

Digaungkan sebagai salah satu pantai primadona baru yang ada di pulau Bali, berikut beberapa keunikan Pantai Melasti yang juga merupakan daya tarik wisata Pantai Melasti.

1. Pantai Terbaru Pesaing Pandawa Beach

Sebenarnya keberadaan pantai ini sudah lama. Akan tetapi saat itu akses untuk menuju pantai sangat susah. Wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini harus menuruni dan menaiki ratusan anak tangga karena lokasinya yang memang berada di balik bukit.

Tak heran jika saat itu obyek wisata ini layaknya surga tersembunyi bagi beberapa gelintir orang yang mampu mencapainya. Sekarang setelah dibuat askes jalan dengan cara membelah tebing karang, maka semua orang dapat menikmati keindahannya.

Kecantikan alam pantai di Melasti sangat mumpuni sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung menilai jika keindahan, keunggulan dan keunikan yang dimiliki layaknya Pantai Pandawa Bali.

2. Akses Jalan Yang Unik

Selain keindahan alamnya, hal lain yang juga menjadi magnet wisatawan datang untuk berkunjung adalah keunikan pada akses jalan yang dimiliki. Sebelum mencapai lokasi pantai, Anda harus berkendara melewati jalan turunan yang berliku-liku.

Alur jalan tersebut berada persis di atas tebing kapur putih yang menjulang tinggi. Sepanjang jalan ada tebing karang putih yang mengapitnya, sehingga mirip dengan akses jalan menuju Pantai Pandawa Kutuh Bali yang juga terapit tebing karang di akses jalannya. 

Tak heran akses jalan yang unik ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung pantai. Dengan jalan aspal yang halus, lebar dan sangat bersih, perjalanan wisata Anda pun bahkan sudah mulai meski belum sampai pada lokasi pantainya.

3. Disediakan Lokasi Prewedding 

Sadar akan keindahan pemandangan pantai yang dimiliki dari atas tebing, maka pihak pengelola pun berinisiatif menjualnya melalui usaha foto prewedding. Bagi Anda yang berminat untuk melakukan foto prewed di sini maka nantinya akan ada biaya yang dikenakan.

Dengan membayar biaya tersebut maka nantinya calon pengantin bersama krew photographer akan bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan.

Fasilitas tersebut antara lain ruang ganti khusus, ruang make up serta toilet yang terpisah denganfasilitas umum pengunjung.

Lokasi foto favorit yang banyak digunakan biasanya adalah jalan menuju pantai. Selain itu banyak juga calon pengantin yang berfoto di atas tebing Ungasan. Biasanya latar belakang yang digunakan adalah pemandangan laut selatan atau tebing Ungasan sendiri.

4. Area Parkir Kendaraan Yang Nyaman

Area parkir kendaraan di lokasi wisata pantai ini telah didesain sedemikian rupa oleh pengelolanya agar menjadi tempat yang nyaman bagi pengunjungnya. Anda akan dengan sangat mudah mendapatkan parkir mobil bahkan leluasa untuk pindah posisi sesuai keinginan.

Hal ini sengaja dilakukan oleh pengelola sebagai tindakan antisipasi apabila suatu saat nanti kawasan ini mulai dikenal luas dan terjadi luapan pengunjung, maka lahan parkir telah siap.

5. Sarana Dan Prasarana Lengkap

Bersiap untuk menjadi salah satu objek wisata andalan di Bali, lokasi wisata pantai di Ungasan ini telah dilengkapi dengan sarana serta prasarana yang mumpuni. Anda akan dapat dengan mudah menemukan toilet serta ruang ganti baju yang bersih serta modern.

Selain itu di area yang dekat dengan pinggir pantai juga tersedia tempat untuk membilas kaki yang nyaman serta terjaga kebersihannya bagi para pengunjung. Biaya yang dikenakan tidak menggunakan tarif, melainkan berdasarkan kesadaran pengunjung masing-masing.

Fasilitas lainnya yang tersedia adalah beberapa lokasi sebagai tempat membeli makanan dan minuman. Akan tetapi meski begitu para pengunjung tetap diperbolehkan untuk membawa sendiri makanan serta minuman dari luar area wisata.

Hanya saja ada syarat khusu yang harus dipatuhi, yaitu jangan sembarangan membuang sampah. Jadi jika ada sampah namun belum menemukan tempat sampahnya maka simpan saja dulu sampah Anda untuk nanti dibuang pada tempat sampah terdekat.

6. Memiliki Nama yang Unik

Sejarah pemberian nama pantai di Ungasan ini cukup unik. Sebelumnya pantai ini tidak memiliki nama resmi dan tetap. Untuk memudahkan penyebutan lokasi pantai secara tepat akhirnya nama Melasti Ungasan digunakan hingga saat ini. 

Seperti yang sempat disinggung di atas, kata/nama Melasti sendiri diambil karena merujuk pada kegiatan ritual adat masyarakat setempat, yaitu upacara bersih pantai yang disebut Melasti. Sedangkan nama Ungasan karena lokasi pantai masuk wilayah Ungasan.

7. Bernuansa Private Beach

Lokasi pantai yang satu ini agak berbeda dengan pantai lain yang ada di pulau Bali. Lokasinya yang agak jauh terpencil membuat Pantai Melasti Ungasan memiliki nuansa kealamian yang kental. Hal tersebut karena memang masih sedikit pengunjung yang datang.

Akibatnya, tentu saja ketika Anda berkunjung maka suasana terasa nyaman ibarat sedang berada di private beach. 

Dengan kontur wilayah pantai yang cukup landai, hamparan pasir putih nan bersih, suasana yang tenang dan sepi tentu hal tersebut menjadi kombinasi apik bagi Anda yang menyukai kedamaian.

Dari uraian di atas Anda pasti sudah mendapat gambaran bagaimana menariknya salah satu pantai di Pulau Bali ini. Mulai dari perjalanan hingga di lokasi wisata ada banyak sekali beragam keseruan yang menanti untuk dinikmati.

Apalagi kebersihan pasir pantai juga sangat dijaga dengan serius oleh pengelolanya. Fasilitas yang disediakan bagi para pengunjungnya pun tidak main-main. Semua dibuat serta dirawat secara serius dan profesional.

Tak heran bukan jika banyak pengunjung pantai yang berani menyandingkan pantai baru ini dengan keindahan serta kemashuran Pantai Pandawa. 

Demikianlah uraian secara detail mengenai Pantai Melasti Ungasan Bali. Jadi kapan Anda akan mengunjungi Pantai Melasti? Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan serta keasrian semua lokasi wisata yang Anda kunjungi ya!