Makanan Khas Wonosobo Paling Enak

makanan khas wonosobo

Wonosobo adalah tempat yang terkenal dengan wisata alamnya. Apa ciri khas daerah Wonosobo? Yaitu wisata dataran tinggi Dieng. Selain itu, ada makanan khas Wonosobo yang enak dan tidak boleh Anda lewatkan.

Ada banyak makanan ringan, berat, sampai dengan makanan yang cocok untuk oleh-oleh.

Jika berkunjung ke Wonosobo, Anda wajib mencoba makanan khasnya yang menarik dan membuat lidah bergoyang. Makanan ini juga sangat cocok dinikmati ketika bersantai dan berlibur ke sana.

Rekomendasi Makanan Khas Wonosobo

Berikut adalah makanan khas Wonosobo yang memiliki cita rasa tersendiri dan berbeda dengan daerah lainnya. Mari kita simak bersama!

1. Mie Ongklok

Makanan pertama ini adalah jenis mie yang menjadi khas Wonosobo. Bentuknya memang mirip dengan mie ayam pada umumnya. Namun, yang membedakan mie Ongklok Wonosobo  adalah dari segi kuah yang lebih kental dan gurih.

Oleh sebab itu, ini yang menjadikan daya tarik tersendiri. Selain itu, makanan ini juga biasa tersaji dengan sate ayam sebagai pendampingnya.

2. Carica

Selanjutnya, adalah makanan khas Dieng yang cocok untuk cemilan yang menyegarkan karena terbuat dari buah-buahan. Carica juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Wonosobo.

Makanan ini adalah papaya gunung dan memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan aslinya. Meskipun kecil, papaya ini sangat enak dinikmati dengan perpaduan rasa manis dan asam.

Biasanya disajikan di dalam kemasan cup kecil sehingga biasa dibuat oleh industri sampai dengan UMKM.

Rasanya yang segar ini membuat banyak dari wisatawan yang selalu membeli ini sebagai oleh-oleh. Harga makanan di Dieng untuk satu cupnya juga terbilang murah mulai dari Rp 4 ribu saja.

Biasanya, carica dapat Anda lihat di sepanjang perjalanan ketika ingin pergi ke Dieng.

3. Opak Singkong

Siapa yang tidak mengenal dengan keripik singkong. Di Wonosobo, Anda bisa menemukan cemilan yang mirip dengan nama opak singkong. Terbuat dari rebusan singkong dengan ditambah garam dan kucay sehingga terasa gurih ketika dimakan.

Anda bisa membeli opak singkong dalam keadaan masak maupun mentahnya sehingga juga cocok untuk oleh-oleh. Harga setiap bungkusnya sekitar Rp 30 ribu saja.

4. Tempe Kemul

Selanjutnya, adalah makanan gorengan yang terkenal di Wonosobo, yaitu tempe Kemul. Bentuknya sebenarnya mirip dengan tempe mendoan yang ada di Jakarta. Namun, tempe ini biasa dibaluri tepung gandum, singkong, atau tepung beras yang membuat rasa semakin renyah.

Kemudian, ditambah dengan bumbu kunyit akan menambah kaya cita rasa. Biasanya, tempe Kemul bisa ditemukan dengan mudah di warung-warung di daerah Wonosobo.

5. Kacang Dieng

Makanan cemilan Wonosobo selanjutnya adalah kacang Dieng. Rasanya hampir mirip dengan kacang pada umumnya. Namun, bentuk kacang ini yaitu pipih dan besar. Kemudian, cara memasaknya yaitu menggunakan bumbu khas Wonosobo.

Dengan demikian, rasanya menjadi berbeda dengan kacang kebanyakan. Setelah memakannya, Anda akan merasa ketagihan. Harganya sekitar Rp 25 ribuan.

6. Soto Golak

Makanan khas terakhir yang terkenal dari Wonosobo adalah soto Golak. Soto ini terbuat dari singkong lalu kemudian digoreng. Kemudian, singkong tersebut dipadukan dengan soto sapi.

Jadi, Golak ini adalah makanan pendamping yang sering digunakan untuk soto.

Penutup

Itulah berbagai macam makanan khas Wonosobo paling enak rekomendasi Austinsinnplace yang memanjakan lidah. Anda perlu menikmati wisata kuliner ketika berlibur kesana. Dijamin tidak akan menyesal karena sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia yang suka gurih, asin, dan manis.