7+ Daftar Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicicipi

makanan khas aceh

Setiap wilayah di Indonesia memiliki makanan atau masakan dengan cita rasa khas daerah masing-masing. Aceh juga memiliki makanan khas dengan cita rasa tersendiri yang wajib dicicipi oleh siapa pun yang berkunjung ke sana. Kira-kira apa saja makanan khas Aceh?

Penasaran, bukan? Langsung saja cari tahu berbagai kuliner yang berasal dari Aceh dengan cita rasa menggugah selera melalui artikel di bawah ini ya! Simak artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya!

Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicicipi

Apa nama makanan khas daerah Aceh? Berikut ini beberapa makanan lezat dan wajib dicoba yang memiliki cita rasa khas Aceh, yaitu:

1. Mie Aceh

Mie Aceh merupakan makanan khas yang memiliki cita rasa unik dari daerah Aceh. Tekstur mie kenyal dilengkapi dengan aneka bumbu kaya rempah dan gurih pasti membuat siapa pun menyukainya. Pada umumnya Mie Aceh juga disajikan bersama dengan teh tarik dan martabak.

Kuliner khas yang satu ini tidak hanya ditemukan di Aceh, tetapi sudah banyak penjual Mie Aceh yang dapat ditemukan di berbagai daerah luar Aceh.

2. Mi Jalak Sabang

Selain Mie Aceh, kota ini juga memiliki mie khas lainnya yaitu Mie Jalak Sabang. Mie kuah yang satu ini dilengkapi dengan topping tauge, telur rebus, dan daging.

Kuah aroma jahe yang menjadi pelengkap Mie Jabak Sabang membuat makanan ini sangat menggiurkan untuk dicicipi. 

3. Kue Timphan

Apa nama kue khas Aceh? Salah satu kue khas dari daerah Aceh adalah Kue Timphan yang sering menjadi jamuan ketika Idul Fitri dan Idul Adha. Kue ini terbuat dari tepung ketan, air kapur sirih, santan, dan pisang raja yang diberi potongan buah nangka serta dibungkus daun pisang.

4. Kuah Masam Keu-Neung

Masakan khas Aceh lainnya yang wajib dicoba adalah Kuah Masam Keu-Neung. Masakan yang satu ini memakai ikan tongkol, kakap, bandeng atau tenggiri yang direbus menggunakan kuah kaya rempah. Pecinta makanan kuah masam wajib mencoba masakan lezat yang satu ini lho!

5. Ungkot Kemamah

Makanan khas yang satu ini terbuat dari ikan tuna kering ditambah dengan santan kelapa, cabai hijau, kentang, dan berbagai bumbu rempah lainnya. Kuliner dari Aceh yang satu ini dulu merupakan makanan khas yang dibawa oleh para pejuang saat zaman penjajahan.

6. Sate Matang

Sate Matang merupakan salah satu makanan khas Aceh yang memiliki banyak penggemar. Bahan utamanya menggunakan daging kambing atau daging sapi. Daging tersebut akan dimarinasi dalam rendaman bumbu rempah dalam waktu tertentu, kemudian dibakar.

Ciri khas dari jenis sate ini adalah menggunakan kuah kaya rempah, seperti kepulaga, cengkeh, kayu manis, bunga lawang, dan merica.

7. Rujak Aceh

Aceh juga memiliki makanan yang menyegarkan yaitu Rujak Aceh yang terdiri dari berbagai potongan buah. Berbeda dari jenis rujak lainnya, Rujak Aceh juga dilengkapi dengan buah rumbia yang hanya ditemukan di Sumatera termasuk Aceh.

Rasa buah ini sepat, tetapi menyegarkan ketika dipadukan dengan buah lainnya. Kesegaran rujak Aceh juga semakin nikmat ketika dipadukan dengan saus rujak yang khas.

8. Ayam Tangkap

Makanan olahan ayam yang terkenal di Aceh adalah Ayam Tangkap. Berbagai rempah digunakan dalam proses memasak Ayam Tangkap.

Ketika digoreng Ayam Tangkap diberi daun kari, daun pandan, dan irisan cabai hijau yang membuatnya memiliki aroma aromatik menggiurkan.

Beberapa makanan khas Aceh di atas merupakan kuliner populer yang memiliki cita rasa lezat daerah asli. Semua Kuliner tersebut wajib dicicipi ketika Anda berkunjung ke Aceh ya! Dijamin deh cita rasa dari seluruh wilayah Aceh pasti membuat Anda ketagihan!