Jajanan Khas Sunda Paling Populer dan Mudah Dibuat 

jajanan khas sunda

Jajanan khas Sunda ini banyak dikenal di seluruh Indonesia. Makanan khas sunda sangat bervariasi mulai dari manis, asin, hingga pedas. Rasanya yang khas membuat banyak orang mencintai masakan ini. 

Tak hanya itu, makanan ini sangat mudah dibuat dan praktis. Bahannya bisa Anda dapatkan disekeliling Anda dan dengan harga yang terjangkau. Apa saja kuliner jajanan Sunda yang eksis sampai saat ini? Ini dia daftar makanannya. 

Jajanan Khas Sunda 

Inilah 8 jajanan enak dan berasal dari Sunda yang cocok dijadikan sebagai camilan harian. 

1. Surabi 

Makanan ini berasal dari tradisional Sunda yang memiliki rasa manis dan lembut. Terbuat dari bahan dasar tepung beras dan santan. 

Kuliner ini banyak dijumpai di acara-acara tradisional seperti pernikahan, pengajian, dsb. Surabi biasanya ditambah topping itisan kelapa di atasnya. Namun, saat ini banyak dikreasikan dengan berbagai topping seperti vanilla dan coklat. 

2. Combro 

Combro adalah jajanan ringan yang berasal dari bahan dasar singkong. Nama ini terdengar unik dan memiliki kepanjangan yaitu “oncom di jero” yang artinya oncom di dalam. 

Sesuai dengan namanya, combro dibuat dari parutan singkong yang didalamnya berisi sambal oncom sehingga rasanya gurih dan pedas. Bahan bumbunya cukup mudah, hanya bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan cabai merah. 

3. Dodol Garut 

Selanjutnya, ada dodol Garut yang populer dikenal oleh masyarakat luas. Jajanan ini biasa dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Sunda. Ada varian rasa dari dodol garut ini, seperti wijen, durian, coklat, dan susu. 

Dodol Garut sendiri terbuat dari tepung beras ketan, gula, susu, serta kelapa. Karena kepopulerannya, kuliner jajanan ini sampai di ekspor ke luar negeri seperti ke Singapura, Malaysia, dan Thailand. 

4. Cireng 

Siapa yang tidak tahu dengan jajanan Sunda kekinian satu ini? Ya, cireng sudah sangat dikenal oleh banyak orang. Biasanya, dijual di sekolah-sekolah, pinggir jalan, sampai di CFD (Car Free Day). 

Cireng adalah kepanangan dari “aci digoreng”, sesuai namanya, makanan in berasal dari tepung tapioca/aci yang diberi bumbu sederhana seperti bawang putih. Selanjutnya, diisi dengan berbagai macam mulai dari keju, sosis, daging ayam, dsb. 

5. Cilok 

Sama seperti cireng, cilok juga jajanan sunda dari aci atau tepung tapioka. Namun, bentuknya bulat dan cara memasaknya dengan cara direbus. Rasanya kenyal dan cocok disajikan bersama bumbu kacang atau sambal. 

6. Leupeut 

Leupeut adalah makanan tradisional Sunda yang sampai saat ini masih populer. Jajanan Sunda jadul ini terbuat dari beras atau ketan yang dibungkus dengan daun pisang atau kelapa. Kemudian, daun tersebut diikat. 

Dari penampakannya, Leupeut ini mirip dengan lontong. Namun, bedanya dalam isiannya yang umumnya diisi kacang atau oncom. 

7. Gurandil 

Jajanan khas Sunda lainnya yang menarik mata adalah Gurandil. Makanan ini berwarna-warni yang berasal dari pewarna makanan. Bahan dasarnya adalah tepung tapioka yang dibentuk bulatan kecil dengan pewarna yang menarik. 

Selanjutnya, dikukus dan dihidangkan dengan parutan kelapa di atasnya. Rasanya kenyal dan manis. 

8. Gemblong 

Camilan khas Sunda dengan rasa yang manis lainnya adalah Gemblong. Gemblong terbuat dari tepung beras ketan yang dibuat sampai kali kemudian dibentuk bulat atau lonjong. 

Selanjutnya, adonan yang telah jadi kemudian digoreng. Terakhir, Gemblong dibaluri dengan gula aren. Teksturnya menarik dan memiliki rasa yang manis dan legit. 

Itulah kuliner jajanan khas Sunda yang populer di seluruh Indonesia bahkan sampai ada yang diekspor di mancanegara. Makanan tersebut bisa Anda buat dengan mudah dan cocok sebagai camilan sehari-hari.