Air Terjun Parangloe, Wisata yang Wajib Dikunjungi!

air terjun parangloe

Pernahkah Anda mendengar wisata air terjun Parangloe? Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai pemandangan menarik yang berkaitan dengan pesona alam di air terjun.

Beberapa wisatawan lokal maupun dari luar datang berkunjung di lokasi ini. Anda harus tahu apa saja keindahan air terjun dan rutenya. Objek wisata ini bisa dijadikan sebagai pilihan jika ingin menikmati pemandangan air terjun di Gowa.

Rute Perjalanan

Air terjun ini terletak di Desa Bori, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Parangloe, Anda bisa mengikuti rute jalan dari Makassar. Jika melalui Makassar jarak tempuhnya hanya sekitar 20 km. Ini bisa dijadikan destinasi wisata ketika Anda juga berkunjung ke Makassar.

Untuk sampai ke lokasi, Anda bisa melewati Goa kemudian Malino selanjutnya sampai ke Bendungan Bili-Bili. Setelah tiba disana, tanyakan kepada warga sekitar lokasi wisata tersebut.

Keunikan Tempat Wisata

Berbeda dengan air terjun lainnya, pesona tempat wisata di Goa ini tak kalah bagus. Air terjunnya berbentuk tingkatan dengan ketinggian 200 meter.

Karena keindahannya ini, banyak penduduk setempat yang menyatakan bahwa air terjun ini sangat indah. Hal ini karena kondisinya masih sangat alami.

Kealamian ini karena air terjunnya masih termasuk tempat wisata baru di Goa sehingga banyak wisatawan yang masih belum mengetahuinya.

Ketinggian dari air terjun Parangloe sekitar 20 meter dengan udara disekelilingnya yang menyejukkan dan menyegarkan. Cocok untuk liburan yang mencari kedamaian dan ketenangan.

Tebingnya yang dari batuan ini cukup terjal sehingga terlihat seperti kokoh dan kuat. Anda bisa mengabadikan momen untuk berfoto ria di tempat ini.

Hal yang Diwaspadai Ketika ke Tempat Wisata

Meskipun memiliki panorama alam yang menakjubkan, Anda juga harus berhati-hati ketika ingin menuju ke air terjunnya. Disarankan untuk tidak berada di dekat air terjun karena arusnya deras. Berikut adalah tips dan hal yang harus diperhatikan:

1. Pakai Alas kaki yang Nyaman

Medan di tempat wisata ini cukup terjal sehingga perlu ekstra hati-hati untuk menuju ke lokasi. Pengunjung diharuskan untuk melewati jalan setapak yang berliku dengan kondisi batu yang curam.

Oleh sebab itu, diharuskan untuk menggunakan alas kaki dengan ukuran yang pas dan nyaman agar bisa berjalan dengan mulus ke tujuan wisata. Gunakan sepatu yang kuat dan bergerigi agar tidak mudah tergelincir.

2. Utamakan Keselamatan

Hal yang tak boleh terlupakan adalah mengutamakan keselamatan. Tempat ini tidak dipromosikan oleh pemerintah daerah karena lokasinya yang tidak terlalu aman. Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkan fisik dan juga kehati-hatian jika mengunjungi tempat ini.

Jangan datang di waktu musim hujan karena sering terjadi air bah yang membahayakan. Selain itu, ada pula hujan batu yang bisa mengancam keselamatan.

Pilihlah medan yang aman dilewati dan tidak licin. Dikabarkan juga banyak memakan korban karena terjatuh dan terseret arus. Oleh sebab itu, banyak cerita mistis air terjun yang ada di tempat wisata ini.

Meskipun begitu tak dapat disangkal bahwa air terjun ini memang memilki daya tarik yang memukau.

Penutup

Itulah sedikit penjelasan dari Austinsinnplace tentang pesona air terjun Parangloe yang menjadi rekomendasi destinasi wisata air terjun di Indonesia. Jika bosan ke tempat-tempat air terjun yang sudah umum, cobalah kunjungi tempat ini dan rasakan sensasi baru menyatu dengan alam.