8 Tempat Diving di Bali dan Tips Bagi Pemula

diving

Bali terkenal akan wisata lengkap mulai dari pantai hingga kuliner. Tak hanya itu, terdapat banyak tempat untuk melakukan aktivitas seru untuk mengetahui keindahan lautan salah satunya diving.

Sebetulnya kegiatan menyelam dalam air ini berbeda dengan scuba atau snorkeling. Akan tetapi di Bali sendiri disebut juga dengan scuba. Agar lebih tahu mana saja keindahan tempat menyelam di Bali, cek lengkap dalam artikel ini.

Tempat Diving yang Indah di Bali

Tempat menyelam indah dan bagus di Bali ada beberapa tempat. Melakukan aksi menyelam sekaligus melihat pemandangan alam pantainya yang tak kalah cantiknya.

Buat yang ingin melakukan aktivitas olahraga menyehatkan ini, bisa cek tempat menyelam terindah pulau wisata di bawah ini.

1. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan menjadi pilihan wisatawan karena tak begitu jauh dari Denpasar. Hanya butuh waktu sekitar 3 hingga 4 jam untuk ke tempat lokasi. Beberapa hal tentang pantai ini antara lain:

  • Pantai berada di Teluk Terima, di Taman Nasional Bali Barat.
  • Pulau indah dengan keindahan khas Buleleng.
  • Spot untuk diving sangat cantik dan indah.
  • Dapat dijadikan pilihan untuk yang suka snorkeling.
  • Terdapat berbagai jenis ikan warna warni di antara terumbu  karang dan coral yang tak kalah eksotisnya.

Dijamin, melakukan penyelaman di pulau ini menjadi momen tak terlupakan karena keindahannya.

2. Tulamben Karangasem

Tulamben menjadi pilihan tepat buat yang suka melakukan penyelaman bawah laut. Desa kecil yang letaknya di sebelah timur Pulau Bali dan menghadap selat Lombok. Apa saja yang dapat ditemui di sini?

  • Lokasi istimewa ini membuat Tulamben kaya akan biota laut yang indah.
  • Terdapat bangkai kapal Liberty jenis USAT (US Army Transport) yang karam di tahun 1942. Bangkai terletak di kedalaman 30  meter dan jaraknya sekitar 25 meter dari darat.
  • Berada di antara bangkai kapal sangat seru dan ada penyelam yang pernah bertemu dengan ikan hiu martil, mola-mola bahkan hiu paus.
  • Keindahan lainnya berupa ikan hias, plankton rumput laut dan kehidupan laut nan cantik.

Harga scuba ke kapal USAT berbeda berdasarkan tingkat pemula, menengah hingga profesional. Namun, jika sudah merasa ahli, tigal menyewa peralatannya saja dan pemandunya.

3. Padang Bai

Padang Bai Bali merupakan sebuah nama desa pesisir yang masuk area Kabupaten Karangasem yang cocok untuk menyelam. Dari Pantai Kuta, area ini hanya ditempuh dalam waktu 1,5 jam saja.

Pantai nan indah menyedot banyak wisatawan lokal hingga mancanegara untuk datang ke sana. Tempat favorit untuk aktivitas menyelam karena banyak hal dapat ditemui, antara lain:

  • Terumbu karang nan indah menjadi pemandangan tak membosankan saat menyelam.
  • Berbagai jenis ikan yang dapat ditemui adalah sotong, lionfish, moray eel, turtle, octopus, stonefish, hiu white tip dan yang lainnya.
  • Pemandangan bawah lautnya cantik menakjubkan.

Biaya scuba tergantung dengan paket apakah pemula atau sudah memiliki sertifikat. Jika ingin spot maksimal untuk menyelam sebaiknya sekitar pukul 10 di pagi hari. Saat itu keindahan bawah laut sangat bagus.

4. Sanur

Sanur memiliki daya tarik luar biasa pada pantainya yang cantik. Namun, bagi penyuka olahraga air pertanyaan yang sering muncul adalah apakah bisa melakukan penyelaman di sana? Ya ada berbagai macam aktivitas di pantai sanur salah satunya menyelam.

Keindahan bawah lautnya memang tak terkatakan lagi, antara lain:

  • Kaya akan batu karang.
  • Biota laut sangat indah memanjakan penyelam berkunjung ke sana.
  • Terdapat tiga spot scuba diving yaitu Channel Point, Jeladi Wilis dan Penjor Reef. Ketiganya memiliki ciri khas pemandangan bawah laut tersendiri yang akan membuat penyelam semakin kerasan menikmati keindahannya.

5. Pantai Labuhan Amuk

Pantai Labuhan Amuk berada di kawasan Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem. Pantainya campuran antara pasir putih dan hitam dengan keramaian yang masih aman. Buat yang mencari tempat berlibur tak terlalu ramai, wisata ini tempat yang tepat.

Selain itu untuk melihat keindahan laut pengunjung dapat melakukan aktivitas menyelam. Ada beberapa hal menarik yang dapat ditemui, yaitu:

  • Terdapat wisata kapal selam berskala internasional yaitu Odyssey Submarine Bali yang melakukan penyelaman di teluk Labuhan Amuk.
  • Keindahan bawah laut sangat indah.
  • Terumbu karang yang cantik dan unik.
  • Biota laut beragam dengan warna warni cantik.
  • Terdapat pilihan watersports yang menarik antara lain jet sky, banana boat, tubing, snorkeling dan ocean rafting.

Harga masing-masing water sports berbeda tapi sebanding dengan pemandangan keindahan lautnya yang luar biasa.

6. Amed Karangasem

Surga laut berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Amed Karangasem, Bali. Dari Denpasar, pantai ini hanya butuh waktu tempuh sekitar 2,5  jam.

Pantainya cantik dengan khas pantai Bali yang tak tertandingi keindahannya. Aktivitas air yang dapat dilakukan adalah snorkeling dan diving. Buat para penyelam kesempatan ini tak boleh dilewatkan begitu saja ketika berkunjung ke Pantai Amed.

Terumbu karang alami dengan ikan yang berseliweran membuat penyelam selalu betah melakukan kegiatan penyelaman. Untuk pemula tenang saja, karena ada hal seru untuk aktivitas ini, yaitu:

  • Terdapat¬† hotel yang menyediakan fasilitas belajar menyelam.
  • Pemandu terlatih sehingga buat pemula tak ada yang perlu dikhawatirkan.
  • Saat terjun langsung akan didampingi oleh pemandu.

7. Pantai Tanjung Benoa, Nusa Dua

Kondisi laut di Tanjung Benoa kategori stabil dan aman untuk aktivitas water sports bagi pemula. Dengan pemandangan pantainya yang indah, wisata Tanjung Benoa menjadi pemikat wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Menyelam menjadi pilihan tepat bagi yang suka keindahan biota laut. Jika masih pemula, tak perlu khawatir karena scuba diving akan diberikan instruksi singkat untuk pengenalan awal menyelam. Biasanya disediakan pula seorang pemandu untuk menemani menyelam.

Sebagai pemula akan diterangkan tentang alat menyelam yaitu tabung oksigen, sepatu kaki katak, masker dan peralatan lainnya. Diterangkan pula bagaimana teknik pernafasan saat menyelam agar penyelaman dapat dilakukan secara optimal.

Adapun keindahan lautnya berupa:

  • Terumbu karang yang masih alami dan indah.
  • Berbagai macam ikan dengan warna warni istimewa.
  • Pemandangan bawah laut menakjubkan.

Adapun harga yang ditawarkan memang beragam untuk publish sekitar 300 ribu per orang dengan layanan optimal. Usia minimal untuk melakukan aktivitas menyelam adalah 16 tahun dan maksimal usia 65 tahun.

Tentunya saat akan melakukan  penyelaman di Tanjung Benoa melihat cuaca terlebih dahulu. Jika dirasa aman maka akan dilanjutkan dengan durasi 30 menit. Jika tidak akan dihentikan untuk keamanan bersama.

Selain kegiatan menyelam yang mengasyikkan di sini juga ada wahana flyboard yang seru. Flyboarding dengan sistem nozel jet di sepatu desain khusus sehingga pengunjung terbang di atas permukaaan air.

Pengunjung perlu melakukan keseimbangan tubuh dan menahannya saat terbang lalu terjun ke air. Aktivitas yang menyenangkan ini sangat memukau dan menarik banyak pengunjung untuk mencobanya.

8. Nusa Penida

Nusa Penida merupakan tempat menyelam yang apik dengan berbagai keunggulan keindahan bawah lautnya, yaitu:

  • Airnya jernih.
  • Flora dan fauna bervariasi dari udang terkecil hingga hiu atau paus terbesar jika beruntung.
  • Terdapat banyak arus sehingga perlu adaptasi untuk semua tingkat penyelaman.
  • Terdapat ikan pari manta dan mola-mola.

Setelah mengetahui tempat menyelam yang keren di Bali, jangan lupa perlu memperhatikan hal penting untuk aktivitas ini. Terutama bagi pemula, ada tips khusus dalam melakukannya.

5 Tips Saat Diving untuk Pemula

Menikmati keindahan biota laut menimbulkan keseruan tersendiri yang tak dapat diungkap dengan kata-kata. Bagi yang sudah ahli, tentu sudah hafal apa yang harus dilakukan sebelum, saat dan persiapannya.

Akan tetapi, saat diving pemula perlu tips penting seperti di bawah ini.

1. Perhatikan Arahan Instruktur

Mendengarkan keterangan berikut arahan instruktur hukumnya wajib Hal ini menjadi dasar bagi penyelam pemula yang sama sekali belum pernah melakukan penyelaman. Terkesan diulang-uang dan membosankan, tapi itulah hal penting yang harus dijadikan perhatian.

Instruktur akan memberikan pengarahan bagaimana menggunakan masker oksigen, masker dan hal terkait peralatan. Jangan malu untuk bertanya jika belum paham apa yang dijelaskan.

2. Kacamata Harus Pas

Peralatan dalam melakukan penyelaman sangat penting dan pilih yang pas dipakai. Salah satunya kacamata renang,  pilih yang pas dan benar-benar pasang dengan tepat. Jangan sampai air masuk dalam masker yang membuat panik terutama pemula.

3. Menghafal Isyarat

Isyarat tangan menjadi ajang komunikasi saat berada di bawah laut. Maka dari itu isyarat ini harus dihafalkan agar tahu maksudnya. Perlu hafal untuk menghindari salah paham akan isyarat karena untuk keselamatan pribadi.

4. Jangan Tahan Nafas

Bagi pemula secara otomatis menahan nafas saat di bawah permukaan lain memang sering dilakukan. Perlu dibiasakan untuk tidak menahan nafas karena bisa membahayakan paru-paru.

Selama melakukan diving, lakukan pernafasan secara normal. Ambil nafas dan keluarkan dari mulut dengan baik. Dengan begitu terjadi keberimbangan pernafasan.

5. Lebih Dekat ke Instruktur

Menyelam menyenangkan dan untuk menghindari hal yang kurang diinginkan ada baiknya selalu dekat instruktur. Jika terjadi apapun instruktur yang lebih berpengalaman akan cepat tanggap melakukan langkah penanganan pemula.

Jangan sampai karena melihat keindahan biota laut malah kesasar ke tempat arus membahayakan. Dekat-dekat dengan instruktur menjadi pilihan tepat agar semua berjalan lancar dan menyenangkan selama menyelam.

Melakukan diving di Bali sangat menyenangkan karena pemandangan bawah lautnya sangat menawan. Tak heran ketika sudah piawai menyelam akan balik lagi ke Bali untuk melakukan aktivitas seru melihat keindahan bawah laut ini.