6 Ide Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

ide peluang usaha makanan khas daerah

Apa saja ide peluang usaha makanan khas daerah? Seperti yang diketahui, Indonesia memiliki berbagai jenis makanan khas daerah dan memiliki tampilan serta rasa yang kreatif. Kuliner ini menjadi salah satu kebudayaan yang mewakili setiap suku tertentu. 

Bisnis kuliner daerah yang eksotis dan belum terlalu familiar tentu menarik perhatian target pasar untuk mencicipinya. Selain itu, bisnis kuliner tidak pernah mati karena makanan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi kehidupan masyarakat. 

6 Ide Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Tak kalah dengan makanan populer dari luar negeri, makanan khas daerah Indonesia kini mulai mendapatkan kepopulerannya. Seperti odading, makanan khas Jawa Barat yang dulu pernah viral dan seblak yang kini disukai banyak orang. 

Beberapa contoh makanan khas yang populer tersebut membuktikan jika ada peluang usaha yang potensial dan tak kalah menguntungkan dari makanan luar negeri. Nah, berikut ini beberapa contoh ide dan peluang makanannya khas daerah yang bisa Anda coba. 

1. Kue Serabai

Kue serabi yang merupakan makanan khas Jawa Barat ini menjadi salah satu pilihan makanan khas daerah yang bisa Anda jadikan usaha. Serabi terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kental dan memakai toping parutan kelapa atau sesuai selera. 

2. Gado-Gado

Ide peluang usaha makanan khas daerah selanjutnya adalah gado-gado yang berasal dari Jakarta. Makanan satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan juga sampai ke luar negeri. 

Bisa dibilang gado-gado adalah salah satu makanan khas yang paling menyehatkan dan baik untuk tubuh, karena terbuat dari berbagai jenis sayuran seperti kubis, kacang panjang, kol, wortel dan sayuran lainnya yang ditaburi saus kacang diatasnya. 

3. Ayam Geprek

Ayam geprek merupakan makanan asli dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Rasa original dari ayam geprek umumnya gurih dan pedas. Tapi, banyak pebisnis yang menjadikan ayam geprek sebagai makanan daerah yang dimodifikasi. 

Terlebih bisnis kuliner ayam geprek memang sedang menjamur, sehingga peluang usaha ayam geprek yang telah Anda modifikasi sedemikian rupa ini dapat begitu menjanjikan. 

4. Mie Aceh

Ide PeluangUsaha makanan khas daerah berikutnya adalah mie aceh. Dari namanya saja sudah jelas bahwa mie ini berasal dari daerah Aceh. Makanan khas Aceh ini memiliki tekstur yang tebal, dicampur dengan irisan daging dan bumbu rempah yang kuat.

5. Kue Pukis

Kelezatan kue asal Jawa Tengah ini membuat salah satu restoran cepat saji menyediakan menu ini digerai mereka. Ide usaha rumahan ini layak dicoba karena Anda bisa menjual kue pukis dengan harga lebih terjangkau. 

Ciri khas kue pukis yaitu bentuknya yang seperti setengah lingkaran dengan warna kuning kecoklatan. Disini Anda juga bisa memodifikasi kue pukis dengan memberi berbagai perisa dan toping yang menjadikannya beda dari kue pukis lainnya. 

6. Kue Lapek Bugih

Peluang bisnis makanan daerah yang terakhir ada lapek bugih. Kue yang mengandung isian parutan kelapa ini adalah kuliner khas yang berasal dari provinsi Riau, dari Kabupaten Kampar. 

Lapek bugih atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai “lepat ketan” ini awalnya adalah panganan khas yang dibuat untuk kaum bangsawan. Akan tetapi saat ini lapek bugih dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas hingga bisa dijadikan sebagai peluang usaha kuliner daerah.

Demikian beberapa ide peluang usaha makanan khas daerah yang bisa Anda jadikan referensi. Perlu diketahui, hidangan khas daerah bisa menjadi bisnis yang menguntungkan apabila Anda pintar dalam mengelola produknya.